Isnin, 26 Julai 2010

Haiwan Cerdas Menurut Al-Quran dan Sains..


Burung umumnya tidak dianggap haiwan cerdas, sehinggakan seseorang untuk merendahkan orang lain menyebutnya dengan "Otak Burung". Tetapi suatu hari, apabila kita mengkaji dan membaca sebuah ayat dari Quran yang melibatkan burung mengajar manusia awal sebuah praktik yang penting, yang membuat saya berhenti dan berpikir tentang makna dari ayat dan kualitas dari burung tertentu, membawa saya ke pengalaman belajar yang menarik. Berikut adalah ayat yang merupakan bagian dari kisah anak-anak Adam, Habil dan Qabil.

"Maka hawa nafsu Qabil menjadikannya menganggap mudah membunuh saudaranya, sebab itu dibunuhnyalah, maka jadilah ia orang-orang yang merugi. Kemudian Allah menyuruh seekor gagak menggali-gali bumi untuk memperlihatkan kepadanya
(Qabil) bagaimana dia seharusnya menguburkan mayat saudaranya. Berkata Qabil:'Aduhai celaka aku, mengapa aku tidak mampu berbuat seperti gagak ini, lalu aku dapat menguburkan mayat saudaraku ini?' Karena itu jadilah dia seorang diantara orang-orang yang menyesal." (Al Maidah : 30-31)


Ini memberi saya petunjuk agar melihat lebih dekat dan mempelajarinya lebih dalam dan menggali sumur pengetahuan yang belum tergali. Jadi saya menganggap hal ini terkait dengan burung gagak karena ayat ini jelas menunjuk burung ini sebagai mentor bagi manusia, dan jelas menunjukkan bahwa manusia serasa "direndahkan" oleh solusi yang ditemukan oleh gagak untuk beberapa masalah kritis mereka.

Akibatnya, kita tertanya-tanya: Siapakah haiwan yang paling cerdas setelah manusia? Seperti banyak orang, teringat pada lumba-lumba untuk kehormatan itu, tapi setelah pencarian yang sangat menyenangkan, kita dapati sebuah kejutan besar.

Penelitian terbaru menunjukkan kandidat yang tidak terduga dari kategori haiwan tercerdas adalah Gagak. Tidak terduga karena pertimbangan terhadap banyaknya budaya yang melekatkan Gagak sebagai pertanda nasib buruk dan kematian (mungkin karena peran tenangnya penguburan dalam cerita di atas?) yang ternyata haiwan ini adalah haiwan yang sangat cerdas!

Tiada ulasan:

Catat Ulasan